Danau Kaolin Belitung, Sebuah Danau Kawah Putih Yang Mempesona

Danau Kaolin Belitung, Sebuah Danau Kawah Putih Yang Mempesona – Belitung, mendengar nama yang satu ini akan membuat kita teringat kisah Laskar Pelangi, selain populer karena kisah tersebut Belitung juga dikenal akan keindahan alamnya yang akan membuat orang terpesona jika melihatnya. Belitung memang menyimpan berbagai tempat dengan panorama alam yang begitu memukau seperti misalnya pantai yang berhias batu granit yang menjadikannya sangat indah, serta berbagai keindahan alam lain yang dimilikinya.

Selain dikenal akan pantainya yang sangat indah, Belitung juga memiliki potensi wisata alam lainnya yakni sebuah danau yang bernama Danau Kaolin. Danau Kaolin sendiri dulunya merupakan sebuah tempat pertambangan yang mana pernah terjadi eksploitasi alam secara besar – besaran, hal ini mengakibatkan adanya lubang berukuran besar hasil dari penggalian tambang. Namun di balik peristiwa itu, kini tambang kaolin menjadi sebuah danau dengan panorama alam yang sungguh akan membuat orang terpesona melihatnya.

Danau Kaolin Belitung, Sebuah Danau Kawah Putih Yang Mempesona

1. Asal Muasal
Kaolin sendiri adalah sejenis tanah liat hasil pelapukan dari batuan granit yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kertas, kosmetik, keramik, dan sebagainya. Dikarenakan dulunya tempat ini merupakan sebuah tambang kaolin dalam skala yang besar menjadikan tempat ini menjadi penuh dengan lubang yang berukuran besar yang kini menjadi danau dengan panorama alam yang sangat mempesona sehingga sangat layak untuk menjadi tujuan wisata.

Kaolin Belitung


2. Pesona Danau Kaolin
Walaupun sama – sama menyandang nama kawah putih, namun keindahan yang ada di Danau Kaolin berbeda dengan kawah putih Ciwidey. Jika di Ciwidey Anda akan merasakan bau belerang yang amat menusuk maka di Danau Kaolin ini Anda tidak akan mencium bau belerang sehingga akan membuat Anda betah untuk berlama – lama berada di sini sambil menikmati panorama dari danau yang akan membuat siapapun orang yang melihatnya akan terpesona.

Kaolin Belitung
3. Lokasi Danau Kaolin
Danau Kaolin memiliki lokasi tepatnya berada di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung dan letaknya juga tidak jauh dari Bandara Hanandjoeddin kurang lebihnya hanya 20 menit perjalanan saja. Namun untuk dapat mencapai Danau Kaolin ini Anda harus menaiki kendaraan pribadi atau sewa karena hingga saat ini belum ada transportasi umum yang menuju ke lokasi wisata Danau Kaolin. Untuk akses jalan ke Danau Kaolin sendiri sudah beraspal sehingga mudah untuk dilalui kendaraan. 

Kaolin Belitung
4. Fasilitas dan Akomodasi
Bagi Anda yang ingin berwisata ke Danau Kaolin maka sangat disarankan untuk membawa bekal sendiri, hal ini dikarenakan fasilitas yang ada di Danau Kaolin masih cukup minim sehingga Anda akan jarang menjumpai warung makan atau penjual cendera mata. Hal ini wajar mengingat Danau Kaolin belum dikelola oleh pihak manapun, sedangkan jika Anda ingin menginap maka Anda bisa menemukan berbagai tempat penginapan dengan berbagai variasi harga yang ada di Kota Tanjungpandan.
Kaolin Belitung
Baca Juga:  Pesona Keindahan Tempat Wisata di Karawang

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi Belitung maka Danau Kaolin dapat menjadi salah satu destinasi wisata pilihan yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga.
Danau Kaolin Belitung, Sebuah Danau Kawah Putih Yang Mempesona | posted by Ashar Iskandar | 4.5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *