Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Klaten

Kabupaten seluas 656.6 km persegi ini memiliki keindahan tempat wisata yang tak kalah menawannya dengan Solo, Yogyakarta dan daerah sekitarnya. Klaten secara administratif masuk ke kawasan Jawa Tengah. Kendati wilayahnya tidak berbatasan dengan samudra namun Klaten memiliki banyak tempat wisata lainnya. Klaten terkenal akan peninggalan sejarahnya berupa candi yang menjadi peninggalan kerajaan hindu-budha.

Kawasan ini memang menjadi lokasi kerajaan hindu-budha berkembang. Anda bisa melihat banyak candi-candi megah dengan arsitektur menawan disini. Selain candi, wisata lainnya seperti pemandian juga tersebar di daerah ini. ada pemandian atau umbul alami dan ada pula yang buatan. Jika tertarik melihat kegemagahan candi dan berbagai wisata alam lainnya di Klaten, cobalah agendakan liburan anda dan keluarga ke tempat-tempat wisata di Klaten berikut ini.

Tempat Wisata Menarik Di Klaten

1. Candi Lumbung

Candi Lumbung

Candi Lumbung memang tidak seterkenal Candi Prambanan. Ternyata candi peninggalan kerajaan hindu ini masih satu kompleks dengan Prambanan. Tempatnya berada di sebelah Candi Bubrah sehingga masih masuk ke kawasan Taman Wisata Candi Prambanan. Memang dari segi bangunan Candi Lumbung tidak semegah Prambanan akan tetapi pemandangan alam disekitarnya membuat kawasan ini menarik untuk anda kunjungi.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan candi kembar yang berlokasi di Jalan Candi Plaosan, Bugisan, Klaten. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Prambanan hanya beberapa km saja. soal keindahan Candi kembar ini tak kalah dengan Prambanan. Hanya saja ia kalah pamor dengan megahnya candi Hindu terbesar tersebut. Namun pemandangan alam di sekitarnya sangat indah dan menenangkan.

3. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan

Klaten juga memiliki peninggalan candi dari kerajaan Budha yaitu Candi Sojiwan. Lokasinya di Desa Kebon Dalem Kidul, Prambanan, Klaten. Bangunan candi ini memiliki banyak relief di kaki candi. Relief tersebut menceritakan wanacarita Pancatantra dari India. Letaknya tidak terlalu jauh dari Prambanan hanya 2 km saja ke arah selatan. Kawasan candi budha ini sangat bersih dengan hijaunya pemandangan yang mengelilingi area candi.

Baca Juga:  Wisata Pulau Sempu, Cagar Alam Yang Penuh Keindahan

4. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Belum lengkap liburan ke Klaten jika belum mengunjungi wahana bermain air ini. lokasinya di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten. Wisata air ini menawarkan fotografi bawah air yang unik. Anda bisa berakting seolah sedang menonton TV, mengendarai motor di bawah air. kondisi airnya yang jernih membuat destinasi wisata ini cocok sebagai tempat fotografi bawah air. banyak pula pasangan penganting yang memanfaatkannya sebagai lokasi pre-wedding.

5. Mata Air Cokrotulung

Mata Air Cokrotulung juga dikenal dengan sebutan Umbul Cokro Tulung. Anda bisa bermain air sepuasnya dengan wahana ala waterboom. Lokasi pemandian ini di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Kebersihan airnya sangat terjaga pasalnya berasal dari mata air murni. Jika bersambang ke Klaten jangan lewatkan liburan ke Mata Air ini. sejumlah akomodasi pun sudah tersedia guna melengkapi liburan anda di tempat wisata ini.

Bagaimana, anda tertarik untuk mengunjungi Klaten. Jika belum pernah menyambangi kabupaten ini cobalah agendakan liburan anda kali ini ke tempat-tempat wisata tersebut. semoga bermanfaat.

Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Klaten | posted by Jelly | 4.5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *